RPP Kelas VII Semester 2 Materi Caution and Notice


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : UPT SPF SMP Negeri 47 Bulukumba                                                          
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/semester             : VII/2 (dua)
Materi Pokok               Teks (a) instruksi (instruction), (b) tanda atau rambu (short notice), (c) tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis.
Alokasi Waktu              8 pertemuan (16 JP)
Kompetensi Dasar        :
3.9     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya..
4.10  Menangkap makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana
4.11   Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


A.       Tujuan Pembelajaran  
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Mendengarkan atau membaca ungkapan atau tutur kata dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.      Mengidentifikasi ungkapan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.      Mengidentifikasi struktur penyusunan frasa kata benda dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.      Menunjukkan fungsi dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
5.      Membuat teks tulis pendek instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
6.      Menggunakan struktur teks pada penyusunan teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.

B.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
·         Salam/motivasi
·         Apersepsi
·         Quiz/review materi
Kegiatan inti
Pertemuan 1
Mengamati
·         Peserta didik mengamati tanda rambu dan peringatan dan mendiskusikan maknanya.
·         Peserta didik mengamati pejelasan guru mengenai rambu dan peringatan.
·         Peserta didik secara berpasangan berkeliling sekolah mencari teks mengenai rambu dan peringatan.
Pertemuan 2
Mengamati
·         Peserta didik mendengarkan rekaman dan melegkapi teks rumpang.
·         Peserta didik membuat daftar peraturan-peraturan yang ada di sekolah mereka.
Menanyakan
·         Peserta didik mengamati gambar yang ada pada teks kemudian menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut.
Pertemuan 3
Mengeksplorasi
·         Peserta didik membaca peraturan dalam bis dan menentukan maknanya.
·         Peserta didik menjawab pertanyaan mengenai teks peraturan dalam bis.
Pertemuan 4
Mengamati
·         Peserta didik mencocokkan rambu atau peringatan dengan tempatnya.
·         Peserta didik membuat daftar rambu atau peringatan yang ada di berbagai tempat.
·         Peserta didik membuat poster rambu atau peringatan untuk tempat yang telah ditentukan guru.
Pertemuan 5
Mengkomunika
Sikan
·         Peserta didik melengkapi kalimat rumpang dengan kata kerja yang sesuai.
·         Peserta didik mendengarkan rekaman kemudian melengkapi dialog rumpang.
·         Peserta didik mengidentifikasi makna dari peringatan.
Pertemuan 6
Mengkomunika
Sikan
·         Peserta didik menyusun teks acak sehingga menjadi teks yang utuh.
·         Peserta didik mengidentifikasi peringatan, tanda, maupun rambu yang mereka temui di kemasan minuman atau makanan.
·         Peserta didik mengidentifikasi instruksi yang ada dala kemasan minuman atau makanan tersebut.
Pertemuan 7
Mengkomunika
Sikan
·         Peserta didik menuliskan peraturan-peraturan yang ada di sekolah mereka.
·         Peserta didik membuat peraturan-peraturan yang mungkin kuran dalam sekolah mereka.
Pertemuan 8
Mengkomunikasikan
·         Peserta didik secara individu membuat peringatan-peringatan yanng ada pada tempat-tempat tertentu
Penutup
·         Refleksi
·         Evaluasi
·         Penugasan

C. Penilaian
1.      Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
2.      Rubrik Penilaian Sikap Sosial
3.      Pengetahuan
a.       Teknik penilaian         : Tes tertulis
b.      Bentuk instrumen        : Mengisi teks rumpang, menentukan benar atau salah,  mencocokkan, dan menjawab pertanyaan
4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian   : Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen Tes kemampuan mendengarkan, berbicara, dan menulis.
          Bulukumba2 Januari 2020 
Mengetahui                                                                 
Kepala UPT SPF SMP Negeri 47 Bulukumba                            Guru Mata Pelajaran




ARMAS, S.Pd., M.Pd                                                                 M. ARDHAN AKIL, S.Pd
NIP. 19650815 198803 1 020                                                       NIP. 19950802 201903 1 012

0 komentar:

Posting Komentar